Melihat Tanggal Instalasi Ubuntu

5/3/2017 • Linux

Ada saat kita perlu melihat kapan kita menginstal sistem operasi Ubuntu. Penting gak penting saya pernah penasaran mencoba mengingat kapan saya menginstal Ubuntu di laptop saya untuk sekedar tahu “sudah berapa lama saya menjalankan OS Ubuntu ini(?)”, Haha.

Baiklah, caranya cukup simple, kita hanya perlu melihat log direktori installer yang ada di sistem tepatnya di /var/log/installer. Untuk mengetahui lognya kita bisa langsung membuka direktori tersebut menggunakan filemanager seperti Nautilus atau Dolphin dan lihat pada tanggal Modified-nya. Kita juga bisa mengetahui tanggal termodifikasi (modified) tersebut melalu terminal menggunakan perintah ls dengan mandatory arguments -l dan -d seperti ini:

ls -ld /var/log/installer

dan outputnya kurang lebih akan seperti ini:

drwxr-xr-x 2 root root 4096 Jan 27 06:14 /var/log/installer

Dari output terminal di atas terlihat teks Jan 27 06:14 yang merupakan tanggal dan jam direktori installer termodifikasi.

Direktori atau folder installer tersebut ditulis pada saat pertama kali kita menginstall OS Ubuntu dan tidak pernah termodifikasi oleh sistem. Jika kita pernah memodifikasi file tersebut maka cara ini tidak berlaku.

Demikian, semoga bermanfaat.