Mengatur Margin pada Konsole (KDE Terminal)

10/27/2018 • Linux

Konsole merupakan terminal default KDE Plasma dan juga terminal yang biasa saya gunakan sehari-hari. Konsole powerfull, cantik, full colors, support font ligature dan support emoji.

Konsole terminal KDE dengan margin bawaan

Tapi, dari gambar di atas rasanya ada yang kurang enak dipandang. Ya, teks terlalu dekat dengan tepi bahkan sama sekali tidak ada margin. Udah saya cari di pengaturan profil dan konfigurasi Konsole, tidak saya temukan pengaturan margin atau sejenisnya. Akhirnya apa? Google, haha.

Query pertama di kotak pencarian Google langsung ketemu solusinya dan diposisi paling atas dan langsung saya praktekan. Pertama kita temukan dulu file konfigurasi profile Konsole yang kita pakai, file tersebut berada di folder /home/habib/.local/share/konsole/. File profile saya bernama DRV.profile. Buka file tersebut dan temukan section [General] lalu tambahkan kode TerminalMargin=8 pada urutan bebas. Kurang lebih seperti ini:

[General]
Name=DRV
Parent=FALLBACK/
TerminalColumns=100
TerminalMargin=8
TerminalRows=25

Angka 8 merupakan nilai margin, semakin tinggi semakin jauh jarak antara tepi dan teks. Setelah selesai lalu simpan dan buka ulang Konsole. Jika berhasil akan terlihat seperti ini:

Konsole terminal KDE setelah diatur marginnya

Lebih enak dilihat bukan? Saya harap kedepannya ada pengaturan GUI-nya.

Demikian, semoga bermanfaat.